Translate

Kamis, 28 November 2013

Mengatasi Error [RPC:S-5:AEC-0] Pada Play Store

 

Belum lama ini saya mengalami kejadian yang nggak asik banget, semua koneksi internet lancar dan buka Play Store juga secepat kilat, maksud hati mau menginstall game baru, tapi setiap habis dipencet tombol Install malah keluar pesa error [RPC:S-5:AEC-0] yang tentu saja saya nggak paham sama sekali itu kode apa.
Setelah sejenak berpikir agak keras, ada 3 aplikasi yang patut dicurigai, yaitu Google Play Store, Google Play Services, dan Google Services Framework. Saya lakukan clear cache dan data, lalu saya force close biar restart servicenya. Ternyata gagal. :(
Akhirnya saya browsing, dan menemukan solusinya seperti berikut ini.
1. Masuk ke Settings -> Accounts -> Google, hapus semua akun Google yang ada.
2. Masuk ke Settings -> Apps, geser ke tab “All”. Di situ silakan cari Download Manager, Google Play Store, dan Google Services Framework. Clear cache dan data untuk ketiganya. Khusus untuk Google Play Store, lakukan “Uninstall updates” juga kalo ada.
RPCS-5AEC-0-2
3. Reboot sistem Androidnya. Niscaya Play Store kembali berfungsi dengan baik.
Begitulah kiranya cara mengatasi error [RPC:S-5:AEC-0] pada Play Store, jangan panik dan terburu-buru mau jual hapenya.

 

0 komentar:

Posting Komentar